PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi, Tambah 60 MW Kelistrikan ... | Liputan 24 Sulawesi Utara
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi, Tambah 60 MW Kelistrikan ...

Posted by On 6:02 PM

PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi, Tambah 60 MW Kelistrikan ...

PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi, Tambah 60 MW Kelistrikan Suluttengo

Kondisi kelistrikan di Sulawesi Utara Gorontalo dan Sulteng makin andal setelah beroperasinya PLTU 2 Amurang

PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi, Tambah 60 MW Kelistrikan SuluttengoIstimewa(ki-ka), Dirjen Ketenagalistrikan, Andy N. Sommeng, Wagub Sulut Steven Kandouw, Kadiv Konstruksi PLN Sulawesi Didik Mardianto, Dirut PT MDT Lee Seung Se, Bupati Minsel Euginia C. Paruntu dan Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan menekan tombol sirine tanda beroperasinya PLTU AMurang 2 di Desa Tawaang, Minsel, Rabu (3/10).

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Kondisi kelistrikan di Sulawesi Utara Gorontalo dan Sulteng makin andal setelah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang berkapasitas 2x30 Megawatt (MW), Rabu (3/10).

PLTU 2 Amurang yang berlokasi di Desa Tawaang, Amurang, Minsel diresmikan Dirjen Ketenagistrikan Andy N. Sommeng bersama Dirut PT MDT Lee Seung Se; Wagub Sulawesi Utara Steven Kandouw; Kadiv Konstruksi PLN Regional Sulawesi Didik Mardianto, Bupati Minsel, Euginia Christiany Paruntu dan anggota Komisi VII DPR RI asal Sulut, Bara Hasibuan.

Peresmian yang ditandai penekanan tombol sirine disaksikan CEO of KOEN Lyu Hyang-reol, Anggota DPR RI Muh. Rommahurmuziy dan Forkompimda Sulut dan Minsel.

Pembangkit listrik ini disewa PT PLN (Persero) dari PT MDT. Unit I PLTU ini telah beroperasi komersial (COD) sejak tanggal 22 Januari 2018. Sedangkan unit 2 COD pada 19 April 2018.

PLTU Amurang 2 diresmikan
PLTU Amurang 2 berkapasitas 2x30 Megawatt (MW))

Dengan tambahan kapasitas dari dua unit pembangkit ini, Andy berharap sistem kelistrikan di Sulawesi Utara dapat lebih baik. Menurutnya, rasio elektrifikasi di Sulawesi Utara sampai dengan Juni 2018 telah mencapai 96,45 persen. “Diharapkan tahun 2019 dapat mencapai 99 persen,” ujar Andy.

Selain melalui penambahan kapasitas di PLTU Amurang, upaya melistriki Sulawesi Utara juga terus dilakukan dengan mengembangkan pilot project teknologi jaringan cerdas berupa pembangkit listrik tenaga hybrid yang dikembangkan di beberapa pulau kecil seperti Bunaken, Papusungan, Manado Tua, Bangda Talise, Nain, Mantehage, dan Gangga.

Andy selanjutnya berharap agar proyek vital ini dijaga kemanannya dari berbagai gangguan. Terakhir ia berharap tenaga kerja yang diserap dalam proyek ini adalah tenaga kerja lokal sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Sulut, khususnya Kabupaten Minahasa Selatan.

Wagub Sulut, Drs Steven O. Kandouw mengungkapkan rasa terima kasih Pemprov Sulut atas terwujudnya PLTU 2 Amurang. Menurutnya, ini bukti sinergitas seluruh jajaran mulai dari jajaran kementerian, PLN dan pengusaha. Katanya, Sulawesi Utara memiliki sumber energi listrik terbarukan mencapai 60 persen.

"Kita akan berusaha mencari sumber-sumber energi terbarukan karena lebih banyak pembangkit lebih bagus," kata Steven

PLTU Amurang 2 Mulai Beroperasi

Sementara, Didik Mardianto, Kadiv Konstruksi PLN Regional Sulawesi mengatakan, ini bisa mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. “Lebih dari itu bisa meningkatkan daya mampu daya listrik di Sulawesi Utara.

“Sejauh ini, daya mampu seluruh pembangkit di Sistem Suluttenggo 391 MW sedangkan beban puncak 381 MW, artinya ada surplus daya sekitar 10 MW. Dengan be roperasinya PLTU Amurang 2 ini tentu meningkatkan keandalan listrik kita,” ujar Didik.

Sebagai informasi, pembangunan pembangkit itu menggunakan 450 tenaga kerja dan tahap operasi sebanyak 150 orang. Biaya investasi proyek ini dilaporkan sebesar 75,2 juta dollar AS.

Penulis: reporter_tm_cetak Editor: Fernando_Lumowa Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Wali Kota Bogor Nyamar Pesan Wanita, Dua Pelaku Prostitusi Digerebek, Ngaku Sehari Layani 5 Pria Sumber: Google News | Liputan 24 Amurang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »