Ini Alasan HKAN 2018 Bertempat di Sulawesi Utara | Liputan 24 Sulawesi Utara
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ini Alasan HKAN 2018 Bertempat di Sulawesi Utara

Posted by On 7:08 PM

Ini Alasan HKAN 2018 Bertempat di Sulawesi Utara

Banyuwangi (beritajatim.com) - Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno mengaku memiliki alasan sendiri mengenai pemilihan puncak Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018 di TWA Batu Putih, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Menurutnya, Sulawesi Utara merupakan tempat spesial selain menjadi lokasi pertama pelaksanaan HKAN yang pertama di luar Jawa.
"TWA Batu Putih karena mewakili Sulawesi, ini secara geografik unik karena terpisah dari dataran Sunda dan bukan dari Sahul Shelf. Sehingga yang seperti itu secara sejarah geologi dan geomorfo itu menjadi pusat keragaman hayati, tingkat spesiasi juga tinggi, pembentukan spesiasi baru juga tinggi," ungkapnya, Sabtu (1/9/2018).
Hal ini, kata Wiratno, penting. Pasalnya, sejauh ini keberadaan satwa endemis seperti Yaki (Macaca Nigra) menurun drastis di berbagai lokasi. Bahkan, beberap a tahun terakhir kondisinya terus menurun hingga 80 persen.
"Maka dari itu, kami mendorong adanya revitalisasi budaya agar bisa hidup berdampingan dengan satwa liar, hutan, air dan kehidupan," jelasnya.
Pesannya di HKAN 2018 ini, bersama pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat dan kalangan pendidikan, tokoh agama agar bersama menjaga dan melestarikan alam. Sehingga tercipta keseimbangan dan kehidupan alam yang lestari. [rin/but]

Sumber: Berita Sulawesi Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »