GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Menteri Susi Pimpin Bersih Pantai di Sulawesi Utara

Menteri Susi Pimpin Bersih Pantai di Sulawesi Utara

Merahputih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan memimpin aksi bersih pantai dan laut di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Minggu (19/8) dalam rangka mempe…

Menteri Susi Pimpin Bersih Pantai di Sulawesi Utara

Merahputih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan memimpin aksi bersih pantai dan laut di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Minggu (19/8) dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus sebagai pembina utama Pandu Laut Nusantara.

Kegiatan itu diselenggarakan pada 19 Agustus 2018 pukul 14.00 Wita hingga selesai di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung.

"Aksi bersih-bersih pantai dan laut bertajuk "Gerakan Menghadap Laut" juga akan dilakukan serentak di 73 titik dari Aceh sampai Papua pada Minggu ini," tulis keterangan tertulis KKP dikutip Antara.

Di DKI Jakarta sendiri kegiatan tersebut dilakukan di Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara, dan akan dihadiri Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) KKP, Rina. Selain itu, perwakilan dari LSM pegiat lingkungan, ko munitas pecinta laut, dan sejumlah pesohor.

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) menumpang perahu karet untuk meninjau lokasi keramba ikan saat peresmian Keramba Jaring Apung atau "offshore" di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk mengikuti aksi nasional "Menghadap ke Laut pada 73 Titik" pada 19 Agustus 2018 untuk melakukan bersih-bersih di kawasan perairan nasional.

"Gerakan Pandu Laut Nusantara ingin mempersembahkan aksi nasional, yang sudah diidentifikasi ada sebanyak 73 titik, namun bukan berarti kawan-kawan lainnya tidak bisa melakukan di titik-titik lainnya,&quo t; kata Menteri Susi dalam jumpa pers di Gedung Mina Bahari (GMB) IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (13/8).

Menteri Susi memaparkan bahwa gerakan tersebut dilakukan dengan menghadap laut guna menunjukkan cita-cita dan menunjukkan kepedulian terhadap kawasan perairan dengan cara memungut sampah, terutama plastik dan benda lainnya, yang tidak bisa didaur ulang oleh alam.

Ia menuturkan bahwa aksi tersebut untuk memperingatkan berbagai pihak mengenai bahaya sampah plastik di lautan.

Indonesia juga telah berkomitmen mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025.

Sumber: Berita Sulawesi Utara

No comments