GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 Miliar

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 Miliar

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 Miliar Aset Pemerintah Provinsi Sulut bertambah, dampak peralihan kewenangan dari Kota/Kabupaten.Sabtu, 30 Juni 2018 09:10TRIBUNM…

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 Miliar

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 Miliar

Aset Pemerintah Provinsi Sulut bertambah, dampak peralihan kewenangan dari Kota/Kabupaten.

Aset Pemprov Sulawesi Utara Ketambahan Rp 900 MiliarTRIBUNMANADO/RYO NOORKepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Provinsi SulutGemmy Kawatu

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Aset Pemerintah Provinsi Sulut bertambah, dampak peralihan kewenangan dari Kota/Kabupaten.

Gemmy Kawatu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulut mengungkapkan, ada 6 perangkat daerah kabupaten/kota yang kewenangannya beralih ke Pemprov Sul ut.

Peralihan ini kemudian ikut menyumbang aset ke Pemprov. Contohnya saja, Dinas Pendidikan mengalihkan kewenangan SMA/SMK ke Provinsi.

Alhasil, 211 sekolah SMA/SMK berpindah kewenangan ke provinsi. Kurang lebih ada 211 gedung sekolah yang akan menambah perbendaharaan aset provinsi.

"Kita ketambahan gedung, kendaraan dinas, itu ada nilai valuasi yang menambah aset daerah," ujar mantan Kadis Pendidikan ini kepada tribunmanado.co.id, Jumat (29/6/2018).

Belum lagi di dinas lain yang kewenangannya beralih sepeti kehutanan dan pertambangan.

Sedikitnya peralihan itu menyebabkan Pemprov ketambahan sekitar Rp 900 miliar. Jika ditotal aset pemprov sudah mencapai Rp 6,8 triliun.

"Ini yang sudah diaudit BPK," ujar Gemmy

Menurut Gemmy ada aset yang sudah diserahkan tercatat sebagai aset provinsi namun ada pula yang belum diserahkan.

Aset yang belum diserahkan ini masih akan ditelusuri sehingga pemprov akan membentuk ti m.

"Ada dua cara memang untuk menyelesaikan masalah aset, menarik aset tersebut atau dihibahkan ke kabupaten/kota kemudian dihapuskan aset itu dari daftar aset pemprov. Kita akan selesaikan aset ujar Gemmy.

Editor: Siti Nurjanah Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Video dan Foto Penampakan Korban serta Kapal Sinar Bangun di Dasar Danau Toba yang Direkam Robot Sumber: Berita Sulawesi Utara

No comments