Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Sulawesi Utara

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bitung Diguncang Gempa, Lomban Bagi Tips Hadapi Gempa

Posted by On 5:19 PM

Bitung Diguncang Gempa, Lomban Bagi Tips Hadapi Gempa

12 Mei 2018 15:47 Bitung Diguncang Gempa, Lomban Bagi Tips Hadapi Gempa MyPassionMaximiliaan Lomban

MANADOPOSTONLINE.COMâ€"Kota Bitung diguncang gempa dengan kekuatan 4,3 SR, Kamis (10/5). Sesuai data Pusat Gempa Regional X BMKG, gempa ini merupakan gempa susulan ketiga di wilayah Sulut hari itu. Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban pun mengimbau masyarakat tidak perlu panik dan khawatir, tetapi terus waspada.

"Secara umum Indonesia memang rawan gempa. Sulut secara geologi juga merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana karena tempat terjadinya pertemuan antara tiga lempeng dunia, sehingga interaksi pergerakan lempeng-lempeng tersebut menyebabkan rawan terhadap bencana geologi," tutur Lomban, Jumat (11/5).

Lomban m embagikan tips saat mengahadapi gempa. Pertama kata dia, jika berada di dalam rumah berusahalah menyelamatkan diri dan keluarga. Berlindung di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. “Jika berada di luar rumah merunduk dan lindungilah kepala, lalu bergeraklah menjauh dari gedung dan tiang menuju daerah terbuka,” imbaunya.

Jika berada di pusat perbelanjaan atau di tempat umum lain lanjutnya, usahakan untuk tetap tenang, karena biasanya kerumunan orang dalam bencana berpotensi kepanikan. “Ikuti petunjuk dari petugas penyelamat. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran namun gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke tempat terbuka,” urainya.

Lanjutnya, jika berada di dalam kendaraan berpeganganlah dengan erat sehingga tidak terjatuh dari guncangan atau jika kendaraan berhenti secara mendadak. Tetaplah tenang dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas. Mintalah pengemudi untuk menghentikan kendaraan. Setelah itu bergeraklah ke tempat yang terbuka. "Dengan tetap tenang kita akan terhindari dari bencana. Bila terjadi bencana, keluarga dan masyarakat dapat segera bergerak mengikuti jalur-jalur evakuasi yang sudah dipasang di titik-titik rawan bencana," tutup Lomban.(tr-03/tan)

Berita Terkait
  • MyPassion

    12 Mei 2018 16:14 15.425 Langganan PDAM Kota Bitung Masih Aktif

  • MyPassion

    12 Mei 2018 15:47 Polres Bitung Amankan Bandar Togel

  • MyPassion

    11 Mei 2018 14:04 Lima Calon Sekkab Siap Hadapi Assessment

  • MyPassion

    11 Mei 2018 12:11 14 Hari Lakukan Ops Patuh, Satlantas Polres Bitung Keluarkan 505 Surat Tilang

Sumber: Google News | Liputan 24 Bitung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »