Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Sulawesi Utara

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bank Indonesia Perluas Layanan BI Jangkau

Posted by On 9:46 PM

Bank Indonesia Perluas Layanan BI Jangkau

Bank Indonesia Perluas Layanan BI Jangkau

Bank Indonesia (BI) memperluas Layanan BI Jangkau di Sulawesi Utara (Sulut) karena pada 2017 program tersebut dinilai berhasil.

Bank Indonesia Perluas Layanan BI JangkauTRIBUNMANADO/HERVIANSYAHKepala Kantor Bank Indonesia dalam penandatanhan MoU program BI Jangkau dengan Bank SulutGo, BNI, BRI, Mandiri dan Pegadaian di Kantor BI Sulut, Jumat (27/4/2018).

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Indonesia (BI) memperluas Layanan BI Jangkau di Sulawesi Utara (Sulut). Hal tersebut karena pada 2017 program tersebut dinilai berhasil.

"Pada tahun 2018, Sulawesi Utara kembali dipercaya seb agai salah satu daerah Pilot Project BI Jangkau selain tujuh daerah existing pada tahun 2017 dan terdapat penambahan empat daerah yaitu Sibolga, Banten, Maluku, dan Papua Barat. Penambahan 4 (empat) daerah pilot project Bl Jangkau ini bertujuan untuk meningkatkan serapan UTLE," ujar Kepala Kantor Bank Indonesia dalam penandatanhan MoU program BI Jangkau dengan Bank SulutGo, BNI, BRI, Mandiri dan Pegadaian di Kantor BI Sulut, Jumat (27/4/2018).

Pilot Project BI Jangkau 2018 akan menjangkau 65 kecamatan, mengalami penambahan jumlah kecamatan sebanyak 18 kecamatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dapat kami sampaikan bahwa jumlah UTLE yang terserap secara nasional dari pelaksanaan Pilot Project Bl Jangkau tahun 2017 sebesar Rp 21,66 Miliar. Provinsi Sulawesi Utara berkontribusi sebesar 31 persen terhadap capaian nasional tersebut, dengan serapan UTLE sebesar Rp 6,71 miliar.

Sejalan dengan tujuan skala nasional, pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan serapan U TLE di wilayah Sulut. Oleh karena itu, Pilot Project BI Jangkau tahun 2018 akan melibatkan HIMBARA yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), serta Pegadaian.

"Untuk itu, kami menghimbau peran aktif dari seluruh Peserta Pilot Project BI Jangkau 2018 agar tujuan mulia kita bersama yaitu agar serapan UTLE di wilayah Sulut dapat meningkat pada 2018," katanya.

Dalam tataran teknis, layanan BI Jangkau dapat diuraikan sebagai berikut Bank Indonesia / Kas Titipan berkomitmen untuk menyediakan Uang Layak Edar (ULE) melalui mekanisme pertama penarikan uang kartal bagi di BI dan penukaran melalui kas keliling wholesale bagi kantor cabang bank yang ditunjuk sebagai koordinator Bank SulutGo KC Ratahan, Tondano, dan Boroko.

Bank akan menunjuk satu atau beberapa kantor cabang sebagai koordinator untuk memenuhi kebutuhan ULE kantor cabang lain di bawah koordinasinya dan mengkoordinasikan penarikan UTLE untuk disetor ke Bank Indonesi a atau Kas Titipan.

Kemudian kantor cabang bank di tingkat kecamatan atau desa akan menerima ULE dari kantor cabang koordinator untuk selanjutnya melakukan layanan penukaran kepada masyarakat.

Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng mengungkapkan adanya layanan BI Jangkau membuat UTLE di daerah pelosok bisa lebih cepat terserap. Sehingga masyarakat bisa memeroleh manfaatnya.

Untuk itu pihaknya berterima kasih kepada Bank Indonesia yang dipercaya untuk ikut dalam program tersebut bersama bank pemerintah lainnya.

Dalam MoU tersebut dihadiri Pemimpin Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Dionysius Adiyanto,Pemimpin Wilayah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Hari Satriyono, Pemimpin Area PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Frelly Jimmy Tommy Leong, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero), yang dalam hal ini diwakili Zulfan Adam selaku Deputi Operasional, Pemimpin Cabang Bank SulutGo Ratahan, Tondano, dan Boroko.

Penulis: Herviansyah Editor: Aldi_Ponge Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Inilah Sosok Polisi yang Berani Tilang Kapolri di Sarinah, Lihat Fotonya Jadi Pengen Ditilang Juga Sumber: Google News | Liputan 24 Boroko

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »